Kamis, 16 Oktober 2014

RPP K 13 KELAS V


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :
Kelas/ Semester           :  V/ 1(Satu)
Tema/ Subtema           :  2. Peristiwa dalam Kehidupan.
Sub Tema                       1. Macam-macam Peristiwa dalam kehidupan.
Alokasi Waktu             :  1 hari  (6 x 35 Menit)
Pembelajaran               :  2

A.    Kompetensi Inti (KI):
KI 1  :Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI  3:Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan  benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4  : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis,  
            dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak  
            sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan  
            berakhlak mulia.
B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
PJOK 
Kompetensi Dasar:
1.1  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak  dan kemampuannya   
 sebagai   anugrah Tuhan
1.2  Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina,sebagai wujud
syukur  kepada sang Pencipta
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan
      lingkungan  sekitar, serta dalam penggunaan sarana danprasarana pembelajaran
3.1 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai  
     permainan dan atau olahraga tradisional bola besar
3.1.1 Memahami cara tangkap bola dengan kontrol yang baik (sepak bola dan bola  
         basket)
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep
      gerak  dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
4.1.1 Lempar tangkap bola dengan kontrol yang baik (sepak bola dan bola basket).

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.1  Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa Bahasa Indonesia
yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup
      dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
   2.2 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran
         panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan
        bahasa Indonesia
   2.3 Memiliki sikap disiplin dan rasa cinta tanah air terhadap system pemerintahan
         serta layanan masyarakat daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia melalui
         pemanfaatan Bahasa Indonesia
   2.4 Memiliki kesetiaan, dan kebanggaan terhadap keutuhan wilayah nusantara
         Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia melalui pemanfaatan
                 Bahasa Indonesia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat   
      magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta system
      pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan  
      tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2.1 Menggambarkan pentingnya peran air  dalam kehidupan manusia melalui
         sebuah cerita
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan
       rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan
       pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
       tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1 Menjelaskan secara lisan tentang pentingnya air bagi kehidupan manusia.

IPA
Kompetensi dasar:
1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan   kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran tuhan yang menciptakannya serta mewujudkannya dengan pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah ( memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur;teliti;cermat;tekun;hati-hati;bertanggung jawab;terbuka dan peduli) dalam aktifitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktifitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok.  
3.6 Mendeskripsikan siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup
3.6.1 Menjelaskan pentingnya air bagi kelangsungan hidup manusia dan peristiwa   
        di bumi
4.7 Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya   keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.
4.7.1 Menyampaikan teks penjelasan tentang pentingnya air.
SBdP
Kompetensi Dasar :
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni
2.2 Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya  
      seni
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam 
      sekitar melalui berkarya seni
2.4 Menunjukkan kemampuan bekerjasama dan berinteraksi dengan menggunakan
       Bahasa daerah di lingkungan serkitar.
3.1 Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa
         3.1.1 Menyebutkan prinsip-prinsip seni dalam berkarya seni rupa
4.1 Menggambar ilustrasi dengan menerapkan proporsi dan komposisi
4.1.1 Menggambar ilustrasi tentang manfaat air
C.    TujuanPembelajaran
1.Dengan menggali informasi dari teks bacaan, peserta didik dapat mengetahui cara-cara menangkap bola basket dengan tertib
2.Dengan bermain “Tangkap Ceritaku”, peserta didik dapat menunjukkan cara menangkap
   bola basket dengan kontrol yang tepat secara percaya diri
3.Dengan mengamati teks bacaan, peserta didik dapat menemukan kosa kata baru dengan
   teliti
4.Dengan menemukan kosa kata baru, peserta didik dapat menjelaskan isi bacaan tentang
   peranan air dalam kehidupan dengan percaya diri.
5.Dengan menjelaskan isi bacaan, peserta didik dapat mempresentasikan manfaat dan
    peran air bagi kehidupan bersama kelompoknya dengan percaya diri.
6.Dengan membuat proyek “Jejak Air” peserta didik dapat menjelaskan pentingnya air   
   bagi kelangsungan hidup manusia secara mandiri
7.Dengan membuat proyek “Jejak Air”, peserta didik dapat menyajikan penjelasan tentang
   pentingnya air secara mandiri
8 Dengan membuat proyek “Jejak Air”, peserta didik dapat menggambar ilustrasi tentang
   manfaat air dalam kehidupan, dapat memahami tentang proporsi dan komposisi secara   
   cermat

D.    Materi Pembelajaran
PJOK                       : Mengoper dan menangkap bola
Bahasa Indonesia     : Membaca pentingnya air dalam kehidupan sehari – hari
IPA                           : Menjelasaskan pentingnya air dalam kehidupan
       SBDP                        : Menggambar ilustrasi tentang manfaaat air

E.     Metode dan Pendekatan Pembelajaran
a.       Pendekatan     : Saintifik
b.      Metode             :Ceramah, Observasi, Diskusi, Tanya jawab

F.        Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.    Media dan Alat: bola basket, gambar-gambar, teks bacaan tentang peranan dan manfaat air
2.    Sumber:
Buku Tematik Terpadu kurikulum 13 Buku Siswa SD  Kelas 5, Tema 2: Peristiwa dalam Kehidupan. Jakarta: Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan , hal : 10 - 18
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 13 Buku Guru SD Kelas 5 Tema 2: Peristiwa dalam Kehidupan. Jakarta: Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan , hal : 18 - 28

G.      Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan  awal
a.       Guru membuka pelajaran dengan menyapa peserta didik dan menanyakan kabar mereka.
b.      Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin doa
c.       Guru melakukan apersepsi
d.      Guru memberi motivasi kepada peserta didik agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
e.       Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru  kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan pembelajaran yang akan dicapai .
10 Menit
Kegiatan Inti
a.       Peserta didik keluar kelas dengan memulai kegiatan pemanasan dan sosialisasi kegiatan yang akan dicapai
b.      peserta didik berdiri berkeliling ,guru menjelaskan cara menangkap dan mengoper  bola dengan kontrol yang tepat.( Mengamati)
190 Menit

c.     Peserta didik mempraktikkan cara mengoper dan menangkap  bola basket. ( mencoba)
d.    Peserta didik diberi kesempatan untuk merasakan dan menceritakan kegiatan yang sudah dilakukan.( Mengkomunikasikan )
e.     Setelah beristirahat peserta didik diajak mengamati gambar yang ada di buku siswa seperti padi yang menguning, parit-parit air, pintu-pintu air dll .(Mengamati)
f.      Guru menstimulus rasa ingin tahu peserta didik dengan memberikan pertanyaan pancingan.( Menanyakan)
g.     Peserta didik menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang ingin mereka ketahui di “ Kartu tanya “ yang ada di buku.( Mencoba))
h.     Peserta didik membaca teks bacaan dan mencari informasi –informasi yang penting dari teks bacaan.( Mengamati)
i.       Guru membimbing peserta didik menemukan kosakata baru dan menuliskannya pada tabel kosakata, kemudian mencari arti kosa kata baru/ sulit dengan menggunakan kamus.( Menalar)
j.       Peserta didik membentuk kelompok maksimal 4 anak
k.     Setiap kelompok mengerjakan tugas yang ada di buku siswa setelah mendapatkan informasi dari teks bacaan yang telah dibaca.( Mencoba)
l.       Tiap–tiap perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.( Mengkomunikasikan )
m.   Kelompok lain menanggapi presentasi hasil diskusi.
n.     Peserta didik diberi tugas untuk menggambar ilustrasi tentang manfaat air dalam kehidupan dengan memperhatikan proporsi dan komposisinya.( Mencoba)
o.     Peserta didik mengidentifikasi kegiatan mereka dari pagi sampai malam dan memetakannya dalam proyek “ Jejak Air “ ( Mencoba)
p.     Guru membimbing peserta didik untuk menggunakan pemahamannya untuk menggambar ilustrasi yang telah dibuat.( Menalar)
q.     Peserta didik mempersentasikan hasil karya “ Jejak Air “ dengan mandiri dan percaya diri.( Mengkomunikasikan)
r.      Peserta didik memajang hasil karyanya di papan pajangan


Penutup
a.       Peserta didik bersama-sama guru membuat rangkuman/ merenungkan kegiatan hari itu
b.      Guru menanyakan kepada siswa materi yang belum diketahui
c.       Guru memberi tindak lanjut dengan memberikan PR untuk dikerjakan dengan orang tuanya.
d.      Guru memberikan pesan moral kepada siswa
e.       Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin doa.
10    menit




























































































H.                Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian sikap               :   Pengamatan.
b.      Penilaiaan  Pengetahuan  :  Tes lisan
c.       Penilaian Ketrampilan     : - Mempraktekkan cara mengoper dan menangkap
                                              bola
                                           -  Menggambar ilustrasi tentang manfaat air.
2.      Bentuk Instrumen Penilaian: Terlampir



           Mengetahui                                                              Dander,……………………
          Kepala Sekolah                                                         Guru Kelas V

          ………………………….                                           ……………………………….
        NIP……………………….                                        NIP……………………………..


LAMPIRAN-LAMPIRAN
Penilaian sikap

No
Nama
Siswa
Sikap
Rasa Ingin Tahu
Percaya Diri
Cermat
Mandiri
BT
T
M
BT
T
M
BT
T
M
BT
T
M
1













2













3













4













dst

























Keterangan: BT = Belum Tampak
                       T = Tampak
                      M = Menonjol



Penilaian Ketrampilan ( PJOK )

Firmat Penilaian

No
Nama Siswa
Kriteria
Jml
Sko
re
N
A
Ketrampilan Melempar bola
Ketrampilan menangkap bola
Sikap/ Sportifitas
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1















2















3















4















dst
















Ket : Nilai 4 = Baik Sekali                          N A = Skore perolehan x 100 0 /0
         Nilai 3 = Baik                                                Skore Maksimal
         Nilai 2 = Cukup
         Nilai 1 = Perlu Bimbingan

Skore maksimal = 16






Rubrik Lempar - Tangkap Bola Basket

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Ketepatan
Melempar
Bola
Mampu melempar
bola dengan
teknik dan
kontrol yang baikpada setiap lemparan dengan tepat kepada teman
satu tim
Mampu melemparbola dengan teknik dan kontrol yang baik pada hampir setiap lemparan dengan tepat
kepada teman
satu tim
Mampu melempar bola dengan teknik dan kontrol yang cukup baik pada beberapa
lemparan kepada teman
satu tim
Melempar bola
dengan teknik dan kontrol yang kurang
baik pada beberapa
lemparan kepada teman satu tim
Keterampilan
Mengoper
Bola
Mampu
mengoper bola
dengan teknik
dan kontrol
yang baik dalam
setiap lemparan
dengan tepat
kepada teman
satu tim
Mampu
mengoper bola
dengan teknik
dan control
yang baik dalam hampir setiap lemparan dengan tepat kepada teman satu tim
Mampu mengoper bola dengan teknik dan control
yang cukup baik dalam beberapa
lemparan kepada teman satu tim
Megoper bola
dengan teknik dan control yang kurang
baik dalam beberapa
lemparan kepada teman satu tim
Sikap /
Sportifitas
Bermain tertib sesuai aturan dan sportif selama perminan
berlangsung
Bermain tertib
Sesuai aturan
Dan sportif
Hamper selama
permainan
berlangsung
Bermain cukup
Tertib sesuai aturan dan sportif dalam beberapa menit permainan
Berlangsung
Bermain kurang tertib dan tidak
sesuai aturan
hampir sepanjang
permainan
berlangsung

















Penilaian Pengetahuan : IPA ( Presentasi kelompok )

Format Penilaian
No
Nama
kelompok
Kriteria
Jml
Sko-
re
N
A


Pengetahuan
Tentang topik
Tata Bahasa
Sikap kerjasama
Ketrampilan
berbicara

4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1






























































































Ket : Nilai 4 = Baik Sekali                          N A = Skore perolehan  x 100 0 /0
         Nilai 3 = Baik                                                Skore Maksimal
         Nilai 2 = Cukup
         Nilai 1 = Perlu Bimbingan
Skore maksimal = 16

Rubrik Presentasi Kelompok

Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
tentang
topik yang
dipresentasikan
Informasi diperoleh melalui berbagai cara, antara lain melakukan
pencarian lewat internet, buku dan bertanya kepada guru atau nara sumber
Presentasi juga
diperkaya dengan gambar yang
dapat menambah
pengertian pendengar
Informasi diperoleh
Melalui berbagai
cara, Antara lain bertanya kepada guru atau narasumber.
Presentasi juga diperkaya
dengan gambar
yang dapat
menambah
pengertian
pendengar
Informasi
diperoleh
melalui berbagai
cara, antara lain melakukan
pencarian
lewat internet
dan bertanya
kepada guru
atau nara sumber
Informasi diperoleh
hanya melalui
pencarian informasi
lewat satu
cara saja
Tata Bahasa
Presentasi
disampaikan
dengan
menggunakan
tata bahasa
Indonesia yang
baik dan baku
Terdapat satu atau dua kesalahan dalam tata bahasa
Indonesia yang
baik dan baku
Terdapat tiga
atau empat kesalahan dalam
tata bahasa
Indonesia yang
baik dan baku
Terdapat lebih dari
empat kesalahan
dalam tata bahasa
Indonesia yang baik dan baku
Sikap Kerjasama
Seluruh anggota terlihat bersungguh-
sungguh dalam mempersiapkan presentasi
mereka
Beberapa anggota
terlihat bersungguh sungguh dalam mempersiapkan
presentasi mereka
Seluruhanggota terlihat
bermain-main
namun masih
mau memperlihat kan kerja keras mereka sekali pun dalam pengawasan
guru
Seluruh anggota terusbermain main sekali pun sudah berulangkali diperingatkan oleh guru.
Ketrampilan Berbicara
Pengucapan
dialog secara
keseluruhan jelas,tidak menggumam
dan dapat
dimengerti
Pengucapan dialog di beberapa bagian
Jelas dan dapat
dimengerti
Pengucapan
dialog tidak
begitu jelas
tapi masih
bisa ditangkap
maksudnya
oleh pendengar
Pengucapandialog secara keseluruhan
betul-betul
tidak jelas, menggumam
dan tidak
dapat dimengerti

Penilaian pengetahuan ( Bahasa Indonesia dan IPA)

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan singkat!
  1. Jelaskan manfaat air bagi kehidupan manusia!
  2. Apakah manfaat air bagi pertananian?
  3. Jelaskan yang dimaksud dengan irigasi!
  4. Apa yang akan terjadi bila tanaman kekurangan air?
  5. Selain bidang pertanian dibidang apa lagi yang membutuhkan air?

Kunci Jawaban
1.      Untuk minum,mandi, mencuci.
2.      Untuk mengairi sawah.
3.      Sistim pengairan di sawah dengan melalui pintu-pintu air.
4.      Tanaman akan mati.
5.      Bidang industri, bidang pertambangan ( emas,timah dll)

Kriteria Penilaian

Jawaban benar, nilai 2
Jawaban salah , nilai 0
Jawaban mendekati benar 1

Skore maksimal : 10

Penilaian Ketrampilan : SBdP

Format Penilaian
No
Nama
Siswa
Kriteria
Jml
Sko-re
NA
Tekhnik menggambar
Tekhnik menggunakan Proporsi dan komposisi
Kemandirian dan pengumpulan tugas
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1


1















2















3















dst
















Ket : Nilai 4 = Baik Sekali                          N A = Skore perolehanx 100 0 /0
         Nilai 3 = Baik                                                Skore Maksimal
         Nilai 2 = Cukup
         Nilai 1 = Perlu Bimbingan
Skore maksimal = 12




Rubrik membuat gambar ilustrasi

Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Tekhnik
(Pengetahuan
Keseluruhan
gambarmenggunakan
teknik
menggambar:
prinsipdantata
caramenggambar
yang benar
Gambarmenggunakan
teknik
menggambar:
prinsipdantata
caramenggambar
yang benar
Beberapabagian
padagambar
menggunakan
teknikmenggambar:
prinsip
dantatacara
menggambar
yang benar
Hanyasedikitbagian
padagambar
yang menggunakan
teknik
menggambar:
prinsipdantata
caramenggambar
yang benar
Ketrampilan Menggunakan proporsi dan Komposisi
Keteraturandan
kekonstanan
bentuksangat
baiksesuai
denganproporsi
dankomposisi
Keteraturandan
kekonstanan
bentukbaik
sesuaidengan
proporsidan
komposisi
Keteraturandan
kekonstanan
bentukcukup
sesuaidengan
proporsidan
komposisi
Keteraturandan
kekonstananbentuk
kurangsesuai
denganproporsi
dankomposisi
Kemandirian
danpengumpulan
tugas
Menunjukkan
kemandirian
penuhdalam
pengerjaantugas
danmengumpulkan
tugassebelum
waktu yang
ditentukan
Mandiridalam
pengerjaan
tugasdantepat
waktudalam
mengumpulkan
tugas
Menunjukkan
kemandirian
namunbelum
stabildalam
sebagianbesar
proses
danterlambat
mengumpulkan
tugas
Belum
menunjukkan
kemandiriandan
sangatterlambat
mengumpulkan
tugas




LEMBAR KERJA SISWA I

Nama    :


Dari bacaan pada halaman 12 tuliskan hal-hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut.
Tuliskan hal-hal tersebut pada Kartu Tanya di bawah ini.

Kartu Tanya
Hal-hal yang ingin kuketahui :
-
-
-
-
-
-
-          


LEMBAR KERJA SISWA 2

NAMA     : ……………………..
Setelah membaca bacaan “ Air bagi Pertanian “ Tulislah kata-kata baru/sulit dalam tabel dan carilah artinya!
Kriteria
Kata-kata baru/ sulit
Arti Kata
Contoh Kalimat

















LEMBAR KERJA SISWA 3

NAMA KELOMPOK     : ……………………………………………

Setalah mencari informasi dari berbagai bacaan tentang manfaat air bagi kehidupan manusia ,diskusikan soal dibawah ini dengan kelompokmu lalu presentasikan di depan kelas!
1.      Menurutmu ,apakah air juga memiliki peranan di bidang selain pertanian ?


2.      Coba amati lingkungan sekelilingmu, apa manfaat air bagimu dan bagi lingkungan sekelilingmu?


3.      Gunakan pemahamanmu tentang kebutuhan manusia terhadap air dan keterampilan menggambarmu dalam mengerjakan proyek “JEJAK AIR”ini. Tentukanlah kegiatan yang kamu lakukan dalam satu hari, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Petakan kegiatan tersebut ke dalam urutan waktu dan sebarkan ke dalam perjalanan kegiatan. Identifikasikan kapan sajakah kamu membutuhkan air di sepanjang kegiatanmu tersebut.
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________











Ringkasan materi
Ayo Amati !

               Lihatlah gambar sawah penuh tanaman padi yang kuning hijau di atas.


















Indah, bukan? Tahukah kamu bahwa tanaman padi hanya dapat tumbuh di tanah
berlumpur dengan kadar air tertentu? Hal ini berarti, jika tanahnya kering kurang
berlumpur atau jika terlalu banyak air, tanaman padi, terutama yang masih muda,
akan mati. Pernahkah kamu pikirkan bagaimana masyarakat petani menjaga sawah mereka cukup air? Dapatkah mereka mengandalkan ketersediaan air dari
hujan? Bagaimana jika hujan turun terlalu sering atau sebaliknya tidak turun dalam jangka waktu panjang?
             Lihatlah gambar parit di atas. Parit-parit air itu memiliki pintu-pintu air di
tempat-tempat tertentu sesuai dengan ketinggian kontur tanah dan luasnya areal
persawahan. Sistem parit air dan pintu-pintunya ini disebut irigasi.Dapatkah kamu
menebak fungsi irigasi? Dari manakah kiranya air untuk saluran-saluran irigasi
didapatkan? Menurut pendapatmu, bagaimanakah hubungan antara irigasi dengan tanah sawah yang subur dan indah seperti gambar di atas?











Bacalah Informasi di bawah ini !

Air bagi Pertanian

Manfaat air bagi pertanian dapat dikatakan sangat penting. Air bagi para petani
adalah sumber daya pokok yang menunjang berlangsungnya kegiatan pertanian.
Tanpa pengairan yang baik, hasil dari tanaman yang dikelola oleh petani tidak
akan maksimal. Air untuk pertanian mencapai 69% dari jumlah air yang digunakan untuk semua keperluan manusia. Kelangkaan air akan memengaruhi keamanan dan ketahanan pangan serta angka harapan hidup manusia.
Para petani sebagian besar memanfaatkan air permukaan untuk keperluan
irigasi. Akan tetapi, dengan semakin terbatasnya ketersediaan air permukaan,
pemanfaatan air tanah sebagai irigasi pada budidaya pertanian menjadi alternatif
yang tidak dapat dihindarkan. Air tanah dimanfaatkan untuk irigasi tanaman
semusim, seperti jagung dan ubi-ubian. Selain itu air tanah juga menjadi solusi
irigasi untuk tanaman tahunan seperti karet, cengkeh, dan lainnya. (Sumber bacaan: id.wikipedia.org/wiki/Sumber_daya_air)
Ada beberapa istilah baru yang dapat kamu temukan dalam bacaan tersebut.
Tuliskan kata-kata penting dan kata-kata baru tersebut dalam tabel kosakataku di
halaman 14, carilah artinya dan buatlah kalimat dengan menggunakan kata-kata
tersebut.
















Lembar pekerjaan rumah

Berdiskusilah dengan orang tuamu tentang cara-cara menggunakan air dengan bijak!
  1. Mengapa kita harus menggunakan air secara bijak!

  1. Bagaimana kita melakukannya?









Tidak ada komentar:

Posting Komentar